Thursday 19 April 2012

Area 51



Area 51
(atau lebih dikenal sebagai US Air Force Flight Test Center, Detachment 3 dan juga samaran-samaran lain Dreamland, Watertown Strip, Paradise Ranch, The Farm, The Box, Groom Lake, dan juga The Directorate for Development Plans Area) adalah sebuah daerah terisolasi di bagian selatan Nevada, yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat, digunakan sebagai pusat pembangunan rahasia dan percobaan pesawat - pesawat tempur generasi baru. Area ini juga sangat terkenal karena diduga kuat sebagai pusat penelitian UFO yang sampai sekarang dianggap sebagai salah satu teori konspirasi yang belum terungkap (Wikipedia).
Area 51
     Setelah berpuluh-puluh tahun menjadi misteri, Area 51 akhirnya terkuak. Lima mantan karyawannya mengungkapkan aktivitas di fasilitas super rahasia itu, termasuk penyimpanan alien dan pembuatan ulang pesawat UFO. Area 51 merupakan institusi militer paling terkenal di dunia tapi keberadaannya paling sulit dilacak. Kalaupun Area 51 nyata, fasilitas itu kemungkinan besar berada di 100 mil di luar Las Vegas di Gurun Nevada, bersanding dengan markas angkatan udara dan tempat ujicoba nuklir bawah tanah.
     Lokasi itu bagi pendukung teori konspirasi sebagai wilayah bagi insinyur Pentagon dalam merakit ulang UFO yang jatuh. Selain itu juga tempat penyimpanan Extra Terrestrial (ET) atau makhluk aneh yang dibekukan.
     Pada 2001 acara Katie Couric mendapati 7% warga AS tidak percaya negara itu benar-benar pernah mendarat di bulan. Foto–foto yang diungkap ke publik dinilai rekayasa dan dibuat di gurun Nevada. Namun menyangkut Area 51 malah dianggap nyata, termasuk bisa dilihat dengan foto satelit dengan Google Earth.
New York Time akhirnya berhasil membuat laporan mengenai Area 51 berdasarkan pengakuan lima mantan karyawannya. Kolonel Hugh Slater (87 tahun) merupakan komandan markas Area 51 pada era 1960 an. Edward Lovick (90 tahun) adalah pakar yang selama 30 tahun menguji radar untuk pesawat terkenal, termasuk U-2, A-12 OXCART dan F-117.
Kolonel Hugh Slater
    Sementara Kenneth Collins (80 tahun) adalah pilot tes pesawat CIA. Thornton Barnes (72 tahun) dan Harry Martin (77 tahun) merupakan insinyur proyek khusus Area 51. Juga orang yang bertanggung jawab membangun wahana setengah juta galon persediaan bulanan bahan bakar untuk pesawat mata-mata.
     Collins pernah menerbangkan pesawat paling rahasia keluar dari Area 51 dengan kode nama OXCART (Gerobak Sapi). Pesawat itu dibuat oleh Lockheed Aircraft Corporation. Saat terbang di atas Utah pesawat mulai melintir dan jatuh ke bumi. Dia selamat dengan kursi pelontar. Setelah 46 tahun Collins baru diajak melihat kembali pesawatnya yang jatuh pada 2008.

Kol. Kenneth Collins

Sedangkan Lovick merupakan ahli fisika yang mengembangkan teknologi siluman. Ia mengatakan fasilitas itu tidak selalu disebut sebagai Area 51. Atasannya, pembuat pesawat legendaris Clarence L Johnson menyebut fasilitas itu sebagai Paradise Ranch bagi orang yang mau meninggalkan keluarganya dan hidup di gurun Nevada yang ganas demi ilmu dan melawan negara jahat.
     Lalu apakah ada UFO di Area 51? Selama bertahun-tahun misteri Area 51 dibawa pegawainya hingga ke liang lahat. Namun pengakuan Collins, Lovick, Slater, Barnes dan Martin tampaknya mengecewakan para penganut teori konspirasi. Mengenai mitos perakitan ulang pesawat UFO yang jatuh, Barnes memberikan pencerahan. "Kami banyak melakukan reka ulang teknologi luar, termasuk pesawat tempur jet Soviet MiG,” katanya. Pesawat MiG jelas–jelas tidak mirip UFO. Lalu munculnya pesawat mirip piring terbang dari mana? Bentuk OXCART sangat aneh, tebal dan tidak mirip piring. Bentuk seperti itu karena didesain untuk membawa bahan bakar dalam jumlah besar disayapnya.
Pilot pesawat komersial yang melintas di atas Nevada akan melihat OXCART yang berbalut body titanium akan memantulkan sinar matahari. Apalagi dengan kemampuan bergerak cepat seperti peluru, tidak heran jika akan menyangka sebagai piring terbang.

Foto-foto Aktivitas di Area 51

Foto udara Area 51 di pertengahan 1960-an.  
Pekerja hingga kini terbang dari Burbank dan Vegas.
Penutup U-2 yang keluar dari mulut kargo
 
 Foto hitam putih U-2 pada landasan yang sedang dikerjakan
Uji kursi pelontar (ejeksi) di Area 51. Pilot Ken Collins diselamatkan oleh kursi ejeksi dan parasut darurat ketika harus menyelamatkan sebuah pesawat mata-mata A-12.
Prototipe pesawat mata-mata Titanium A-12 sedang dipersiapkan untuk mounting pada tiang untuk uji radar cross section di Area 51, ​​yang digunakan untuk menentukan visibilitas pesawat untuk radar musuh.
Pesawat mata-mata A-12 dalam penerbangan
  Prototipe dari pesawat mata-mata A-12 OXCART di sebuah tiang di Area 51 di malam hari. Maket dan pesawat memakai tiang untuk menguji visibilitas mereka untuk radar musuh. Satelit Soviet terbang di atas wilayah tersebut secara teratur sehingga percobaan harus dilakukan secara cepat atau di malam hari.

 Kecelakaan pesawat mirip piringan yang terjadi di Roswell menimbulkan spekulasi tentang UFO. 
Belakangan diketahui bahwa pesawat tersebut adalah pesawat mata-mata Soviet.

Kucing dan Tikus di Area 51

     Tidak ada cerita tentang pesawat asing, tapi sekarang setelah berbagai era Perang Dingin, dokumen Area 51 dibuka untuk publik, veteran pangkalan rahasia AS yang mengungkapkan beberapa bukti - dan mengejutkan dengan teknologi yang rendah - cara mereka menyembunyikan pesawat purwarupa masa depan dari mata.
     CIA membuat Area 51 pada tahun 1955 untuk menguji dan mengembangkan proyek-proyek atas rahasia militer AS di gurun Nevada yang terpencil. Lebih dari 50 tahun kemudian, pangkalan itu masih tidak resmi ada dan tidak muncul pada peta umum pemerintah AS.
     Diketahui bahwa satelit mata-mata Soviet - dijuluki 'kaleng asbak' oleh  staf Area 51 -  berputar secara teratur melewati Nevada. "Lembaga intelijen AS, dengan cara apapun, menjaga secara ketat kepada pekerja Area 51 seperti dalam permainan kucing dan tikus," menurut TD Barnes, seorang mantan spesialis penerbangan  hipersonik di Area 51 yang keahliannya dalam tindakan pengukuran counter elektronik. Tidak lagi disumpah untuk tetap menjaga rahasia oleh CIA, Barnes mengatakan, "Dalam rapat keamanan kami setiap pagi, mereka akan memberi kami daftar dari satelit Soviet yang ada di langit, dan kami tahu pasti jadwal satelit kapan akan datang untuk melihat Area 51. Rasanya seperti jadwal bus, dan bahkan memberitahu kami apakah itu sebuah satelit inframerah atau dari jenis apa," kata Barnes kepada National Geographic. 
Lari dan Sembunyi di Area 51 (Hoot dan Scoot)

     Seringkali diangkat di atas tiang tinggi untuk tes pesawat anti radar stealthiness, prototipe OXCART diuji di luar hanggar. "Kami memiliki tempat untuk lari dan sembunyi - hoot and scoot - kami menyebutnya," kata Barnes di acara the new National Geographic Channel documentary Area 51 Declassified. (Channel sebagian dimiliki oleh National Geographic Society, pemilik National Geographic News). "Jika sebuah pesawat kebetulan berada di tempat terbuka sementara satelit Soviet melintas diatas cakrawala, mereka akan berlari cepat ke dalam gedung itu." Mantan Manajer Pengadaan Area 51 Jim Freedman menambahkan, "Hal itu membuat pekerjaan kami sulit, sangat sulit. Untuk mulai bekerja pada pesawat dan kemudian harus memasukannya kembali ke hanggar dan kemudian menariknya keluar dan kemudian memasukkannya kembali ke dalam dan kemudian menariknya kembali keluar - itu akan cukup merepotkan," kata Freedman dalam wawancara.

Bayangan dari Area 51
     "Baru saya sadari bahwa 'lari dan sembunyi' itu melelahkan dan tidak cukup." Spies mempelajari bahwa  Soviet telah memiliki gambar dari sebuah pesawat OXCART - yang diperoleh, diasumsikan, melalui satelit inframerah. Saat pesawat parkir di padang pasir yang panas, bayangannya akan menciptakan siluet yang relatif dingin, terlihat di inframerah walaupun pesawat telah dipindahkan ke dalam. "Ini seperti tempat parkir mobil. Setelah semua mobil pergi, Anda masih bisa melihat berapa banyak mobil yang pernah diparkir di sana [dengan menggunakan inframerah] karena perbedaan suhu di tanah."
     Untuk mengecoh satelit inframerah, kru Area 51 mulai membuat pesawat palsu yang fantastis dari bahan  kardus biasa atau lainnya (kadang mereka melukis sebuah pesawat dengan cat hitam di landasan), untuk menampilkan bayangan palsu agar dilihat satelit Soviet. (Tidak dimaksudkan untuk sengaja dilihat, kadang umpan ini dikeluarkan dari hanggar sebelum satelit melintas). Kru juga meletakan alat pemanas di gambar pengecoh dekat lokasi mesin agar terlihat seolah-olah 'pesawat' itu baru saja mendarat. "Kami benar-benar bermain dengan satelit inframerah," kenang Barnes.


http://agungprie.blogspot.com

No comments: